Pernahkah kalian mendengar atau menggunakan aplikasi bernama Alibaba.com? Jika pernah pastinya kalian tahu dengan seseorang bernama Ma Yun atau akrab disapa Jack Ma, salah satu orang yang memiliki pengaruh besar dalam dunia ecommerce dan teknologi, berikut kisah hidup nya:
.
Jack Ma berasal dari keluarga musisi dan pencerita di Hangzhou, Tiongkok. Ia pernah hidup pahit di masa Revolusi Kebudayaan dan mengalami berbagai kegagalan. Lelaki itu bangkit, membangun situs Alibaba, dan kini menjadi orang terkaya kedua di negerinya.
.
Saat memasuki sekolah, sejak SD sampai SMA, Jack perlu berkali-kali tes karena tidak hebat secara akademis. Pernah gagal masuk universitas ternama, ia kuliah setara program D-3 di Sastra Inggris Hangzhou Normal University, lulus tahun 1988. ”Ini universitas berkualitas kelas tiga atau empat secara nasional,” katanya. Ketika KFC membuka cabang di Hangzhou, Jack melamar. Dari 24 pelamar, hanya dia yang gagal. Ia juga gagal menjadi polisi. ”Kegagalan menjadi bagian perjalanan hidup saya,” katanya.
.
Sebelum Jack Ma mendirikan Alibaba.com, ia pernah menjadi guru Bahasa Inggris yang hanya digaji kecil. Sebelum menjadi guru Bahasa Inggris, Jack Ma pada saat masih muda belajar Bahasa Inggris dengan turis asing di Hangzhou International Hotel. Ia pun memberikan turis asing berkeliling dan menjadi pemandu jalan mereka secara gratis sambil mengembangkan Bahasa Inggris nya selama sembilan tahun
.

selain Periang Jack juga merupakan seorang yang punya banyak sahabat. Jaringan dan persahabatan membuatnya meraih dukungan mewujudkan ide perdagangan virtual. Tak mudah pada awalnya, Alibaba tak menghasilkan uang di tiga tahun pertama. Namun, Jack optimistis akan hasil besar. Ini hanya soal waktu.Jack menawarkan jasa Alibaba kepada perusahaan mapan untuk jual beli produk, tetapi malah ditertawakan. Ia lantas menengok banyak perusahaan skala menengah dan kecil yang tidak punya berkesempatan mengikuti pameran internasional. Kalangan ini menyambut Jack meski awalnya semua jasa gratis.

Dirinya yang dulu menjadi orang susah, yang hanya sebagai guru bahasa Inggris dan hanya mendapatkan gaji kecil, sekarang Jack Ma telah mendirikan dan mengembangkan perusahaannya bernama Alibaba.com telah memiliki kekayaan yang sekarang ini mencapai US$ 41.1 Milyar atau kurang lebih 500 Triliun Rupiah.

Jack Ma merupakan Big Boss yang memiliki jalan hidup yang sulit tetapi tidak menyerah. Big Boss dari Tiongkok ini mengajarkan kepada kita untuk tidak menyerah dan mudah mengeluh. Jadi janganlah menyerah sebelum kita menjalani apa yang bisa kita jalani dan jangan mengeluh saat kita menghadapi masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *